sekedar contoh, misalnya dalam kaitannya dengan kehadiran radio dalam kehidupan kelompok tertentu dalam masyarakat (dimasa lalu). dalam suatu studi ditemukan berbagai cara audiens berinteraksi dengan radio dirumah tinggalnya, berinteraksi dengan pengelola siaran radio dengan penyiar favoritnya.
dalam berinteraksi dengan modium radio yang hadir di dalam kehidupan kesehariannya, audiens tak hanya memanfaatkan radio untuk mengetahui / menikmati lagu2 terbaru, untuk mengetahui perkembangan dunia diluar wilayah kehidupan kongkrit audiens, tapi juga menjadikan radio sebagai sumber status, sebagai teman/ sahabat yang seolah hidup dan mendampinginya dikala siang/ malam. dimasa lalu, radio diperdengarkan juga sebagai bagian penting dari dekorasi rumah tinggal, tak beda dengan kelompok masyarakat yang mengonsumsi guci keramik dan karya lukisan untuk memperindah dan mempergaya ruang tamu.
orang menonton film rame2 / sekeluarga, juga tidak semata untuk memperoleh hiburan dalam kehidupan di luar rumah tapi tontonan film juga dikonsumsi sebagai bagian dari kehidupan sosialnya, sebagai bagian dari kelengkapan status dan sebagainya, sampai pada bagaimana pola2 pemanfaatan tv pada tatanan yang lebih detail. antara keluarga kelas menengar dan keluarga kelas bawah, tentu beda dalam mengonsumsi saluran televisi yang bisa mereka akses.
bagaimana interaksi antar anggota keluarga dikeluarga kelas menengah dalam kaitannya dengan keberadaan pesawat tv, tentu beda dengan pola interaksi yang berlangsung di keluarga kelas bawah. begitu pula interaksi mereka tentu juga beda antara yang berkembang di keluarga kelas atas dan di keluarga kelas bawah.
Oleh karena tujuan penlitian etnografi adalah untuk memperoleh pemahaman tentang pola-pola budaya suatu kelompok masyarakat, maka pendekatan penelitiannya memakai pendekatan kualitatif dengan unit analisisnya adalah kelompok (dan bukan individu). unit analisis dalam etnografi audiens, misalnya berupa keluarga / rumah kos. keluarga yang didalamnya terdapat beberapa anggota dengan satu / dua pesawat tv, atau rumah kos dengan satu pesawat tv, bagaimana praktik konsumsi tayangan tv terkait keberadaan pesawat televisi di rumah kos / keluarga itu.
bagaimana budaya menonton yang berkembang disitu.
bagian tahapan yang dianggap amat menentukan dalam metode ini adalah pengumpulan data dalam metode etnografi, termasuk untuk studi audiens, teknik pengumpulan data yang paling dianjurkan adalah observasi terlibat (atau semi terlibat) dan wawancara etnografi (atau wawancara mendalami) teknik ini dipakai dalam rangka menangkap dan mengungkap realitas "di dalam" kehidupan keseharian audiens dalam kaitannya dengan konsumsi media yang distudi. sementara analisis datanya seperti yang dilakukan oleh antropolog kenamaan asal amerika serikat, geerte adalah analisis interpretatif.
Teknik ini dipakai dalam rangka memperoleh pemahaman ttg makna2 dibalik fakta2 yang tampak dan dibalik pertanyaan2 audiens terkait praktik konsumsi media yang distudi.
credit: dosenQhu~~~Pak Farid... ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar