JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR DAN FOLLOW BLOG INI YACH TEMAN-TEMAN.....^___^

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kalian Boleh Copas atau nyumut2 isi blog ini tapi untuk Artikel yang diijinkan yah itupun dengan syarat
HARUS CANTUMKAN FULL CREDITNYA!!!
jika mencuri hasil karya tulisan orang lain, bagaimana tulisanmu juga mau diapresiasi orang lain?
yuk mari kita saling mendukung satu sama lain \^o^/
Makasih udah mau mampir

baca novel dan FICTION bersambung karanganku di blog

Senin, 13 Desember 2010

Lebih Mengenal KOREA SELATAN




sebagai korea lover alias pecinta korea,. kita harus mengenal donk negara yang kita idolakan ini. kita boleh jadi korea lover tapi jangan sampe kecintaan kita pada negara yang satu ini membuat nasionalis kita hilang loh kawand- kawand.
bagaimanapun .... kampung halaman adalah tempat terbaik.. hehehe

siiipp.. mari mulai pembahasannya....

Republik Korea biasanya orang-orang sana bilangnya Daehan Minguk, inget kan kalau lagi ada pertandingan olahraga pasti mereka teriak-teriak nyebutin kata-kata itu. (Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國; bahasa Inggris: Republic of Korea/ROK) nah kalau di indonesia dikenalnya sebagai Korea Selatan. korea selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국; 韓國) oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn (남조선; 南朝鮮; "Chosŏn Selatan") di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).


sedikit pusing yah bacanya hahaha.. jangan dulul pusing... masih banyak yang harus kalian tahu tentang korea...
Korea Selatan memiliki sekitar 3.000 pulau, sebagian besar adalah pulau kecil dan tidak berpenghuni. Pulau - pulau ini tersebar dari barat hingga selatan Korea Selatan. Pulau Jeju yang terletak sekitar 100 kilometer di bagian selatan Korea Selatan adalah pulau terbesar dengan luas area 1.845 km2. Gunung Halla adalah gunung berapi tertinggi sekaligus sebagai titik tertinggi di Korea Selatan yang terletak di Pulau Jeju. Pulau yang terletak di wilayah paling timur Korea Selatan adalah Uileungdo dan Batu Liancourt sementara Marado dan Batu Socotra merupakan pulau yang berada paling selatan di wilayah Korea Selatan.

Dalam sisi pemerintahannya. Korea Selatan adalah negara republik. Seperti pada negara-negara demokrasi lainnya, Korea Selatan membagi pemerintahannya dalam tiga bagian: eksekutif, yudikatif dan legislatif.
Lembaga eksekutif dipegang oleh presiden yang dipilih berdasarkan hasil pemilu untuk masa jabatan 5 tahun dan dibantu oleh Perdana Menteri yang ditunjuk oleh presiden dengan persetujuan dewan perwakilan. Presiden bertindak sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.
Lembaga legislatif dipegang oleh dewan perwakilan yang menjabat selama 4 tahun.
Pelaksanaan sidang paripurna diadakan setiap setahun sekali atau berdasarkan permintaan presiden. Sidang ini terbuka untuk umum namun dapat berlangsung tertutup.
Pengadilan konstitusional menjadi lembaga tertinggi pemegang kekuasaan yudikatif yang terdiri atas 9 hakim yang direkomendasikan oleh presiden dan dewan perwakilan. Hakim akan menjabat selama enam tahun dan usianya tidak boleh melebihi 65 tahun pada saat terpilih.

wuuoo... politik emang ga asik banget buat diomongin yah hehe...
tapi dulu itu korea merupakan negara kerajaan juga, tapi kalau nggak salah karena ada perang, akhirnya korea berubah jadi republik. makanya banyak film-film korea yang berbau kerajaan gitu kan? karena jaman dulu emang pemerintahan mereka kerajaan.

soal keyakinan, Hampir sebagian besar rakyat Korea Selatan memilih tidak beragama atau atheisme. Buddha adalah agama yang mempunyai penganut terbesar di Korea Selatan dengan 10.7 juta penduduk. Agama lainnya yang terbesar adalah Kristen Protestan dan Katolik Roma. Gereja Kristen terbesar di Korea Selatan, Yoido Full Gospel Church berlokasi di Seoul. Diperkirakan ada 45.000 warga Muslim Korea dengan 100.000 orang pekerja yang dari luar negeri yang berasal dari negara Muslim.
sekarang kita bahas kota-kota gede yang terkenal di korea...
kita mulai dari ibu kotanya

SEOUL:

Seoul adalah ibukota Korea Selatan yang berusia lebih dari 600 tahun dan hingga 1945, ibukota dari seluruh Korea. Kota ini merupakan Kota Khusus Korea. Sejak berdirinya Republik Korea--lebih dikenal dengan nama Korea Selatan--pada tahun 1948, dia menjadi ibukota negara, kecuali beberapa waktu pada masa Perang Korea.
Seoul terletak di barat laut negara, di bagian selatan DMZ Korea, di Sungai Han. Kota ini adalah pusat politik, budaya, sosial dan ekonomi di Korea Selatan dan Asia Timur. Dia juga pusat bisnis, keuangan, perusahaan multinasional, dan organisasi global. Sampai sekarang, dia dianggap sebagai sinar dari ekonomi Asia Timur, simbol dari keajaiban ekonomi Korea.
Dengan 10 juta penduduk terdaftar yang hidup dalam area sebesar 605.52 km², Seoul merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Kepadatannya telah membuatnya menjadi salah satu kota digital-kabel di dunia. Kota ini juga memiliki kendaraan terdaftar lebih dari 1 juta kendaraan yang menyebabkan kemacetan sampai lewat tengah malam. Bagian Seoul besar dan daerah komuter, termasuk dermaga kota Incheon dan daerah tempat tinggal Seongnam, adalah tempat terpadat di dunia.


diseoul itu ada menaranya yang cantk banget namanya namsan tower atau menara seoul.
Namsan Tower atau Seoul Tower adalah sebuah pemancar radio yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Dinamakan Namsan Tower karena memang terletak di gunung Namsan. Gedung ini dibangun pada tahun 1969 dan baru dibuka untuk umum pada tahun 1980, tinggi menara ini mencapai 236.7 meter (777 kaki) dan berada di ketinggian 479.7 meter (1.574 kaki) diatas permukaan laut. Menara ini awalnya dinamai menara Namsan atau menara Seoul, Namun setelah pemilik menara bekerja sama dengan CJ Corporation, menara ini dinamai Menara Seoul N (nama resmi menara Seoul CJ).
Kebanyakan pengunjung menaiki kereta gantung Namsan untuk naik, lalu berjalan kaki untuk sampai ke menara
Ini menjadi tempat favorit bagi pasangan-pasangan yang lagi dimabuk cinta (hehehe). Pagar yang mengelilingi tempat itu dijadikan tempat buat gantungin gembok-gembok couple yang sebelumnya ditulisin janji-janji dulu setelah itu kuncinya dibuang. Katanya sih kalo udah gantungin gembok disitu, terus bisa dibuka itu artinya dia ngelanggar janji.

Di menara ini terdapat toko oleh-oleh dan sebuah restoran di lantai bawah. Ada balkon observasi yang terletak di paling atas Namsan Tower dan untuk mecapainya kita harus naik lift berkecepatan super tinggi. Di balkon observasi ini kita dapat menikmati pemandangan kota Seoul dengan luas dan kita juga dapat melihat tempat-tempat penting di Seoul lewat teleskop digital. Di balkon observasi ini ada juga penjelasan yang lebih jelas tentang sejarah kota Seoul, media art digital, dll.

Kalo kalian lapar, di Namsan Tower ini juga nyiapin restoran yang unik (N-Grill) karena setiap 48 /120 menit sekali akan berputar jadi kalian bisa melihat kota Seoul hingga 360 derajat.

menara ini pernah dijadiin hadiah kejutan buat geum jandi oleh goo jun pyo di serial boy before flower. dan keren banget kalau malam, penuh dengan lampu.




BUSAN:

Kota Metropolitan Busan, juga dikenal sebagai Pusan, adalah sebuah kota pelabuhan dan Kota Metropolitan di tenggara Korea Selatan. Dengan populasi sekitar 4 juta, Busan merupakan metropolis kedua terbesar setelah Seoul. Kota yang padat penduduknya ini terletak di lembah Sungai Nakdong, dengan gunung sebagai perbatasan di timur dan barat. Busan terletak di 35°6'10" Utara, 129°2'25" Timur (35.102778, 129.040278). [1]


Gwangan Daegyo
Busan merupakan tuan rumah dari Asian Games 2002 dan juga merupakan tuan rumah dari Piala Dunia FIFA 2002.



INCHEON:

Kota Metropolitan Incheon adalah sebuah kota dan pelabuhan utama di pesisir barat Korea Selatan. Lokasi geografisnya adalah 37°29′ LU 126°38′ BT.
Manusia telah mendiami tempat ini sejak zaman Neolitik. Di masa modern Incheon berkembang karena lokasinya di sebuah muara membuatnya sebuah pelabuhan yang bagus; ketika pelabuhan ini didirikan pada 1883, populasi kota ini hanya 4.700. Yang pada masa itu dikenal dengan nama Chemulpo.
Incheon kini memiliki Bandara Internasional Incheon yang melayani kota ini dan Seoul, dan ia merupakan salah satu lokasi penyelenggara Piala Dunia FIFA 2002. Kota ini juga berada di bawah kuasa satu dari dua Zona Ekonomi Bebas di Korea, yang ditujukan agar menarik investasi asing. Incheon sedang berusaha menjadi pangkalan (hub) perusahaan dan finansial bersama dengan Zona Ekonomi Bebas Busan-Jinhae, yang berpusat di pelabuhan selatan Busan.

Di incheon ada jembatan yang panjang banget. yang sangat terkenal di dunia.
Jembatan Incheon memiliki panjang hingga 11 kilometer. jembatan ini dibangun sebagai kelanjutan dari dibangunnya New Songdo City, sebagai pusat kaum urban. dengan jembatan ini, akses menuju kota tersebut menjadi lebih mudah, termasuk juga mudah menuju bandara internasional Incheon yang memang terletak di kota ini.



selain itu yang pasti dikenal banyak oleh korea lover dari negara ini adalah bandaranya.
Bandara Internasional Incheon (IATA: ICN, ICAO: RKSI) (Hangul: 인천국제공항; Hanja: 仁川國際空港) adalah bandara terbesar di Korea Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Bandara ini menggantikan Bandara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan international ke Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang dan Bandara Internasional Hongqiao di Shanghai, RRC. Berdasarkan survei dari Global Traveller bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008.
Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini, termasuk di antaranya Garuda Indonesia. katany bandara ini bandara korea terbaik di dunia hehehe....keren yah...
nah bandara ini nih yang sering dipake sama artis-artis korea kalau mau keluar negeri heheh ^^


kita langsung ke pulau paling dikenal dan diidam-idamkan oleh para korea lover tentunya. apalagi kalau bukan..

PULAU JEJU

Pulau Jeju atau Cheju (Hanja 濟州特別自治道, Jeju Teukbyeol Jachido), adalah pulau yang terletak di ujung semenanjung Korea dan sangat dekat dengan Jepang.
Pulau Jeju atau Jeju-do dalam bahasa Korea, adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus (special self-governing province) di Korea Selatan. Pulau Jeju terletak di Selat Korea sebelah baratdaya Provinsi Jeollanam-do, yang dahulunya merupakan satu provinsi yang sama sebelum terpisah pada tahun 1946. Ibukota Jeju adalah Jeju City.
Pulau Jeju adalah pulau wisata paling terkenal di Korea, bahkan orang Korea menyebut dengan istilah "Pulau Bali"-nya Korea. Di Pulau tersebut terdapat Gunung Halla, yaitu gunung tertinggi di Korea Selatan. Pulau Jeju merupakan wilayah yang paling hangat dan pada musim dingin sangat jarang turun salju, sehingga tanaman-tanaman yang biasanya tumbuh di daerah subtropis bisa bertahan hidup.
Bahasa Korea dangan dialek (saturi) Jeju adalah bahasa yang sangat khas, yang hampir mirip dengan bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan hubungan kebudayaan dan sejarah masa lalu yang erat antara kedua wilayah tersebut.
pemandangan di pulau ini yang bikin semua orang terpesona dengan keindahannya. cocok banget buat yang lagi honey moon... *oppa ayo ajak aku kesana hiks hiks*


Iklim Korea selatan dipengaruhi oleh iklim dari daratan Asia dan memiliki 4 musim. Musim panas di Korea selatan yang dimulai bulan Juni bisa mencapai temperatur 40 derajat celcius (di kota Daegu), yang ditandai dengan datangnya musim hujan yang jatuh pada akhir bulan Juli sampai Agustus di seluruh bagian semenanjung. Sementara temperatur musim dinginnya rata-rata dapat jatuh pada suhu sejauh minus 10 derajat celcius di beberapa propinsi. Korea Selatan juga rentan akan serangan angin taifun yang menerjang selama bulan musim panas dan musim gugur. Beberapa tahun belakangan ini Korea selatan juga sering dilanda badai pasir kuning yang dibawa dari gurun gobi di Cina yang juga melanda Jepang dan sejauh Amerika Serikat.
kalau udah musim salju, di korea bisa dingin banget degh... bisa pake baju berlapis-lapis pokoknya eheheh

nah... sebagai pelajar pasti kita mengimpi-impikan buat sekolah disana.
Pendidikan di Korea Selatan dibagi dalam beberapa bagian seperti pada umumnya di negara lain: kelompok bermain, sekolah dasar , pendidikan menengah, dan sekolah tinggi/universitas. Berdasarkan hasil penelitian 2006 tentang Program Penilaian Pelajar Internasional dari OECD, Korea Selatan menempati urutan pertama dalam pemecahan masalah, urutan ketiga dalam matematika dan urutan kesebelas pada bidang sains. Teknologi pada pendidikan di Korea juga dikembangkan hingga keseluruh daratan Korea dengan membuat jaringan akses internet berkecepatan tinggi di sekolah dasar dan lanjutan. Pemerintah Korea melalui Kementerian Pendidikan juga memberikan beasiswa bagi siswa-siswi yang berasal dari luar Korea hingga mencapai 100.000 siswa per tahun.
*huuuaaa pengen banget rasa... bisa ga yah dapet beasiswa itu heheh ^^*


nah bukan korea kalau nggak terkenal dengan musik, film dan serialnya. sebagai korea over kalian pernah denger yang namanya hallyu kan???
Hallyu atau Korean Wave ("Gelombang Korea") adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Umumnya Hallyu memicu banyak orang-orang di negara tersebut untuk mempelajari Bahasa Korea dan kebudayaan Korea.

awal mulanya hallyu ini dari Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di Republik Rakyat Cina dan Asia Tenggara mulai akhir 1990-an. Istilah Hanliu (韓流, Bahasa Korea:한류;Hallyu) diadopsi oleh media Cina setelah album musik pop Korea, HOT, dirilis di Cina. Serial drama TV Korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin dan Timur Tengah.[1] Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk Korea Selatan, seperti masakan, barang elektronik, musik dan film. Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea dan budaya Korea ke berbagai negara.


Drama Korea

Drama Korea merupakan penyebab dari mulainya Hallyu di berbagai negara. Warga Korea Selatan suka menonton drama dan film dan mendengar musik. Perusahaan TV Korea mengeluarkan biaya besar untuk memproduksi drama dan beberapa diantaranya yang mencetak kesuksesan, diekspor ke luar negeri. Drama televisi yang memicu Hallyu antara lain, Winter Sonata, Dae Jang Geum, Stairway to Heaven, Beautiful Days dan Hotelier.
kalau di indonesia drama korea pertama yang bikin korea itu dikenal dan disintai orang indonesia itu berawal dari FULL HOUSE walaupun sebelum-sebelumnya udah banyak filmkorea yang masuk ke indonesia. trus sempet turun tuh pamornya korea dengana danya film-film drama asia lainnya kayak jepang sama taiwan. nah gara-gara boy before flower, virus korea kembali meningkat pesat sampai sekarang.


Film Korea
Film Korea, bersama drama TV dan musik pop, merupakan produk utama Hallyu yang dinikmati tidak hanya di dalam negeri, namun juga di berbagai negara. Pada awalnya, film Hongkong mendominasi bioskop di Asia, namun dengan kehadiran Hallyu, mulai tersaingi oleh film Korea. Film produksi Korea Selatan dikenal karena alur ceritanya yang kuat dan genre yang bervariasi sehingga menarik banyak penonton.

naaah dari drama dan film korea ini lah akhirnya muncul kecintaan pada grup-grup band, penyanyi, hingga artis-artis korea.
Hingga tahun 1990an, trot dan ballad adalah musik populer yang mendominasi Korea Selatan. Bergabungnya grup rap Seo Taiji and Boys pada 1992 menandai perubahan besar dalam dunia musik Korea Selatan yang dikenal dengan istilah K-Pop, grup ini mencampurkan elemen genre musik populer seperti rap, rock dan techno ke dalam musik mereka.
Sejak kesuksesan film Shiri pada tahun 1999, Film Korea mulai mendapatkan apresiasi secara internasional. Film lokal mulai mendominasi pasar terutama sejak pemberlakuan kuota yang mewajibkan bioskop untuk menampilkan film - film Korea paling sedikit 73 hari dalam satu tahun.
hingga sekarang korea banyak menghasilkan artis-artis berbakat yang menarik perhatian dunia. boyband dan girlband korea sudah dikenal di hampir seluruh dunia.
bener-bener keren dagh negara ini..!!!

imipianku banget pengen bikin film disana hehehe ^^
Daehan Minguk..hwaiting!!!!


credit: wikipedia

6 komentar:

  1. Hello! I just wish to give a huge thumbs up for the great info
    you will have right here on this post. I will be coming back to your blog for extra soon.


    My web blog; Web Ranking

    BalasHapus
  2. Hello! I just wish to give an enormous thumbs up for the great data you
    may have right here on this post. I will be coming
    again to your weblog for extra soon.

    Here is my web-site :: seo services denver co

    BalasHapus
  3. Hiya! I simply want to give a huge thumbs up for the great data you might
    have here on this post. I will probably be coming back to
    your blog for more soon.

    Feel free to visit my page - google seo toolbar

    BalasHapus
  4. The best way Fashion Flicks Influence Contemporary society

    Take a look at my blog :: Optoma HD33 review

    BalasHapus
  5. Hello! I just want to give an enormous thumbs up for the good data you may have right here on
    this post. I shall be coming back to your blog for extra soon.


    Feel free to visit my weblog: how do you increase semen production

    BalasHapus
  6. Yamaha Home cinema - Its Well thought of But Do you find it Any Fine?



    Also visit my blog; ramrod ()

    BalasHapus

LISTEN MY SONG NOW.. YOU MUST LIKE IT!!!