JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR DAN FOLLOW BLOG INI YACH TEMAN-TEMAN.....^___^

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kalian Boleh Copas atau nyumut2 isi blog ini tapi untuk Artikel yang diijinkan yah itupun dengan syarat
HARUS CANTUMKAN FULL CREDITNYA!!!
jika mencuri hasil karya tulisan orang lain, bagaimana tulisanmu juga mau diapresiasi orang lain?
yuk mari kita saling mendukung satu sama lain \^o^/
Makasih udah mau mampir

baca novel dan FICTION bersambung karanganku di blog

Minggu, 21 Agustus 2011

Asal Mula Musik Korean Pop (K-Pop)






annyeong yeorubundeul...

Ai Chan Kawaii comeback lagi.... mikir mikir.... kira2 apa yah yang enak dibahas di blog... naaah aku jadi kepikiran satu tema degh....

kita sebagai Kpopers.... tentunya menyukai lagu-lagu yang dimanakan Korean pop atau K-POP.... tapi tahukah kalian asal mula musik ini.... apalagi bisa sampai menjamah seluruh dunia.... ga cuma di benua asia tapi Eropa pun dijamah ma jenis musik ini.... lalu apa sih kelebihannya...

naah makanya Ai.. kali ini mau bahas ini nih chingudeul....

yook kita mulai dari Arti Kpop itu sendiri.

K-pop itu kepanjangannya Korean Pop ("Musik Pop Korea"), yang berupa jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.

nah sejarahnya musik pop korea ini berawal dari masuknya musik Pop Jepang di Korea pada tahun 1930an. J-Pop itu udah mempengaruhin dunia musik pop di Korea. Penjajahan Jepang atas Korea juga membuat genre musik Korea tidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu.

trus....pada tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat juga mulai masuk ke Korea dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan.

Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre "oldies" yang dipengaruhi musik barat. genre ini populer di era 60-an. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong Pil. Genre lain yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik enka dari Jepang.

Nah...Awal mula munculnya musik pop modern Korea itu diawali dengan terbentuknya grup yang bernama Seo Taiji dan Boys, mereka debut tahun 1992. Genre musik yang mereka bawakan memberi warna baru di dunia musik Korea dengan beberapa campuran aliran musik seperti Rap, Rock, Techno Amerika.


Setelah Seo Taiji and Boys ini sukses besar akhirnya mulai deh bermunculan grup grup lain kayak Panic dan Deux. Kapan-kapan degh aku bahas mereka satu per satu di blog ini ^o^
Setelah itu...Tren musik ini jadi amat tenar...dan semakin menambah munculnya seniman dan musisi yang berkualitas di Korea sampai sekarang.

Musik pop dekade 90-an cenderung beraliran dance dan hip hop. Pasar utamanya adalah remaja sehingga dekade ini muncul banyak grup “teen idol” yang sangat digilai seperti CLON, H.O.T, Sechs Kies, S.E.S, dan g.o.d. Kebanyakan dari kelompok musik ini sudah bubar dan anggotanya bersolo karir.

Di tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculan. Aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika mencetak artis-artis semacam MC Mong, 1TYM, Rain, Big Bang yang cukup sukses di Korea dan luar negeri.

Beberapa artis underground seperti Drunken Tiger, Tasha (Yoon Mi-rae) juga memopulerkan warna musik kulit hitam tersebut. Musik rock masih tetap digemari di Korea ditambah dengan kembalinya Seo Taiji yang bersolo karier menjadi musisi rock serta Yoon Do Hyun Band yang sering menyanyikan lagu-lagu tentang nasionalisme dan kecintaannya terhadap negara.

Musik techno memberi nuansa moderen yang tidak hanya disukai di Korea saja, penyanyi Lee Jung-hyun dan Kim Hyun-jung bahkan mendapat pengakuan di Cina dan Jepang. Musik balad masih tetap memiliki pendengar yang paling banyak di Korea. Musik balad Korea umumnya dikenal dengan lirik sedih tentang percintaan, seperti yang dibawakan oleh Baek Ji Young, KCM, SG Wannabe, dan sebagainya.

Musik balad umumnya digemari karena sering dijadikan soundtrack drama-drama televisi terkenal seperti Winter Sonata, Sorry I Love You, Stairway to Heaven dan sebagainya.apalagi kalau drama itu popularitasnya tinggi... dijamin...OST yang ada di drama itu juga turut tenar dan tentunya banyak dinyanyiin dimana2....


Berbagai artis Korea akhirnya ga cuma diem di Korea ajah... mereka pun mencoba memperluas kesuksesan mereka di dunia internasional seperti BoA yang menembus Jepang dan digemari di banyak negara. BoA bahkan pernah menjadi artis korea pertama yang menyanyikan OST anime terkenal di Jepang. Sampai banyak yang mengira klo BoA itu orang jepang... padalah dia orang korea.... kalau kalian inget lagunya yang berjudul 'Every Heart'

Kemudian artis-artis lain seperti Rain, Se7en, Shinhwa, Ryu Shi-won, dan sebagainya berlomba-lomba untuk menaklukkan pasar musik di Jepang. Rain tercatat sebagai artis Asia pertama yang mengadakan konser internasional bertajuk RAINY DAY 2005 Tour, di Madison Square Garden.

Kesuksesan KPop di rancah Internasional emang bener diluar dugaan. Demam Korea (Korean Wave) seperti udah jadi virus yang tersebarnya sungguh menakjubkan. bahkan banyak yang menjadikan Kpop ini sebagai pedoman untuk musik2 di Negaranya.

ditambah lagi nih... di Korean mulai banyak perusahaan perusahaan Hiburan yang mencari bakat-bakat terpendam orang Korea yang bisa dijadiin Bintang besar. Ga cuma dari segi tampang....tapi juga orang yang memiliki bakat baik itu ngedance dan olah vokal. jadi artis di Korea itu bukan hal yang mudah.. mereka harus mengikuti training selama berapa tahun baru bisa debut. jadi ga heran kalau sekalinya tuh artis dilepas kepasaran..tenarnya bisa langsung kemana-mana.

nah satu media yang puuaaaliiing berpengaruh tentang berkembangnya musik KPOP ini itu Youtube...


yap..siapa ajah bisa buka Youtube...ga dikit juga orang terkenal karena media yang satu ini. Dan pasaran Youtube ga cuma dalam satu negara...tapi Youtube bisa menjangkau seluruh penjuru Dunia, apalagi Internet udah jadi teknologi yang paling muktahir saat ini.
Nah..Musik Kpop juga dikenalkan ke Internasional juga melalu media ini...tak sedikit para produser hiburan Korea memanfaatkan aplikasi ini untuk mengenalkan produknya.

Perusahaan Hiburan kayak SMent,JYPent, YGEnt, DSP, dan lain-lain...merilis teaster dan Musik Video dari lagu-lagu baru mereka melalui saluran resmi Youtube mereka. Dengan Youtube, orang yang mengupload juga bisa melihat seberapa banyak orang yang melihat video itu dan dari negara mana saja.


Channel SMent menjadi salah satu saluran Asia yang paling banyak pengunjungnya di Youtube. Diantara video nya, video musik “Gee” oleh girl band Korea Girls Generation adalah yang paling populer dengan lebih dari 42 juta tampilan. Video ini dilihat di semua negara di seluruh dunia kecuali Chad dan Republik Afrika Tengah.

Antusiasnisme terhadap Kpop terbukti disana...jadi bagi perusahaan hiburan di Korea nggak bakal ragu-ragu ngeluarin kocek yang gede cuma buat artis2nya.. karena mereka tahu..pasar mereka udah meluas keseluruh dunia ga cuma mentok di Korea doank.


Gaya pakaian, penampilandan genre musik Korea sudahjadi trendsetter dimana-mana... hampir tiap orang berlomba2 berusaha untuk menerupai idola mereka di Korea. Hal ini juga ditandai banyaknya tersebar DANCE COVER di seluruh dunia.

istilah ini muncul karena ketertarikan mereka akan dance dari Kpop itu sendiri.. karena dance Korea memiliki ciri khas tersendiri, dan beda dengan boyband2 atau Girlband2 di negara lain. mereka seperti menggabungngkan antara break dance, hiphop, dan jenis dance lainnya.



makin banyaknya grup-grup cover dance juga membawa nama untuk Kpop itu sendiri... ditambah dengan adanya istilah Flashmob.....atau ngedance bareng-bareng dalam satu tempat gitu. dan kebanyakan falshmob diadain yah buat ngedance lagu-lagu Korea dan yang ikut nggak ragu-ragu dan sangat menikmati melakukan semua itu... walaupun yang mereka tampilkan itu bukan jenis musik dari negara mereka.
so... nggak heran degh... virus hallyu wave udah tersebar dimana-mana....


yah..ini memang bisa jadi inspirasi buat negara-negara yang pengen nyoba kayak Korea... yah contohnya negara ku tercinta ini.....INDONESIA....tapi menjadi inspirasi bukanlah meniru... kita juga harus tunjukin kreatifitas dan ciri khas kita sendiri.... itu justru lebih membanggakan..^o^

semoga postingan ini bisa nambah pengetahuan chingueul semua.... hohoho...
sampai jumpa di pembahasan selanjutnya yaaah......

nih aku kasih bonus...salah satu video flashmob yang dilakuin ma Kpopers Indonesia di jakarta tangal 3 juli 2011 di monas.... kpopers Indonesia buanyak juga yaah... heheheh \^O^/


credit: wikipedia + ksnkoreanstarnews@word + Foto:detikfoto + aichankawaii.blogspot.com
Author: Ai Chan Kawaii
BUDAYAKAN JUJUR.... REPOST WITH FULL CREDIT






2 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya sagat berterima kasi atas
      Bantuan KYAI MAULANA kemarin
      Saya dikasi nmr 4d & 6d dan saya mendapat kan hasil togel (457000000 juta)karna bantuanya saya bisah bayar hutan dan buka usaha kecil kecilan,jika anda mau di bantu seperti saya silahkam hbg
      (KYAI MAULAN ) DI NMR
      ( 085-210-001-377 )
      atau Atau klik disini

      Hapus

LISTEN MY SONG NOW.. YOU MUST LIKE IT!!!