JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR DAN FOLLOW BLOG INI YACH TEMAN-TEMAN.....^___^

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kalian Boleh Copas atau nyumut2 isi blog ini tapi untuk Artikel yang diijinkan yah itupun dengan syarat
HARUS CANTUMKAN FULL CREDITNYA!!!
jika mencuri hasil karya tulisan orang lain, bagaimana tulisanmu juga mau diapresiasi orang lain?
yuk mari kita saling mendukung satu sama lain \^o^/
Makasih udah mau mampir

baca novel dan FICTION bersambung karanganku di blog

Selasa, 23 Agustus 2011

Cara Mengedit Video/Film pakai Adobe Premiere



Blog ini bukan cuma bahas masalah korea, jepang atau taiwan. Blog ini dibuat juga untuk berbagi ilmu kawand-kawand. tapi karena teman-temanku yang buka blog ini adalah Asian Lover jadi..aku tetep fokusnya kesana hohoho...

Kalian biasanya sering ngubek2 Youtube kan??? nah disana kan banyak tuh Video yang diedit ma orang. abis liat itu..kalian merasa pengen ga sih bisa ngedit kayak mereka???? gampang kok caranya bahkan kalian bisa bikin yang lebih bagus. hohoho

Software buat ngedit itu ada banyak kawan. nah biasanya yang pemula itu ngeditnya pake software yang udah tersedia di kompi atau lappy kalian...namanya windows movie maker (WMM).

ga ada yang salah sih ma software itu..cuma yang bisa kalian lakukan untuk video atau foto yang mau kalian edit terbatas. naah saatnya nyoba yang lebih canggih....

kalau kalian udah terbiasa pake WMM pasti nggak bakal sulit buat adaptasi ma software yang satu ini. nama softwarenya Adobe Premiere.

Adobe Premiere itu program yang paling sering digunain sama para film maker, buat ngedit filmnya, bahkan Production house yang terkenal ga jarang juga pake software ini. Keuntungan belajar melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere adalah program ini sebenarnya mudah dipelajari dan dalam waktu singkat Anda dapat mencapai tingkat mahir walaupun sekarang masih pemula.

Sebelum masuk ke pembahasan editingnya. bagi kalian yang belom punya softwarenya bisa donload kok... coba ajah cari di mas google..tapi biasanya kapasitasnya gede (maaf ga bisa ngasih link-nya, kpan2 aku bantu cariin, soalnya aku dapet softwarenya minta ma temen yang udah punya dan juga dari kampus..hohoho ^O^)

instal degh tuh software adobe premierenya...

kalo udah masuk.. isi nama file dan tentuin mau simpan dimana sekalian juga tentuin ukuran layarnya...ada standart ada yang widescreen (layar lebar), untuk pemula kalian coba klik 'standart 48hz' ajah.

setelah masuk ke projek kerjanya.. kita siap degh mau ngedit video...

Nah berikut, Aku mau kasih tahu kalian teknik-teknik dasarnya ngedit pake premiere lainnya.

Capture

Capture adalah proses memindahkan gambar dari kaset MiniDV ke harddisk komputer.
Cara capture selengkapnya adalah sebagai berikut :


  1. Aktifkan Adobe Premiere, lalu hidupkan handycam Anda.
  2. Klik perintah yang muncul pada kotak Digital Video Device, misalnya Edit and Record Video. Klik OK
  3. Kemudian klik New Project
  4. Pilih DV NTSC atau DV PAL, sesuaikan dengan jenis handycam kamu. Umumnya handycam produk Indonesia adalah PAL. Setelah itu, ketikkan nama proyek kamu pada kotak Name, misalnya “Nyoba-nyoba”. Klik OK.
  5. Selanjutnya kamu bakal dibawa ke dalam Interface Adobe Premiere.
  6. Kini pilih >> File > Capture.
  7. Pilih direktori untuk menempatkan hasil tangkapan video. Klik tab Settings.
  8. Klik tombol Browse pada Video dan klik OK. Lakukan langkah serupa untuk Audio.
  9. Selanjutnya klik Play dan klik Record sebagai tanda kamu sudah siap melakukan proses Capture.
  10. Klik Stop jika kamu ingin menghentikan proses Capture. Terakhir ketikkan nama klip video Anda dalam Clip Name, sebagai contoh “nyoba-nyoba.avi”.
  11. Klik OK. Nah sekarang klip video kamu telah tersimpan dalam panel Project.
    (#nb: kalau sudah di klik play ma record tapi ga jalan periksa lagi sambungan firewire handycam kamu, kalau udah connect ttp ga bisa..kamu coba klik play di kompi ma tombol play di handy barengan.)

#nb: kalau capture..pastikan hardisk kamu free minimal 25 GB yaah... ^o^

Masukin Video dari File

Kalau video kamu udah ada di kompi... mau masukinnya tinggal klik File trus import... caari deh video kamu dimana trus klik import. videonya bakal masuk di panel project. ada beberapa video yang ga support jadi hati-hati masukin videonya. biasanya yang support itu video yang format avi sama wmv. nah kalau kamu donlod videonya di yutub biasanya kan bentuknya mp4...trus giana cara ngubahnya... kamu harus cari converter dulu kayak Total Video converter pindahin ke format avi.
kalau udah bentuk avi tapi nggak bisa support juga gimana tuh? cara manualnya...yah kamu buka WMM. trus convert video avi tadilewat situ. jadi masukin videonya ke WMM trus render deh.. format videonya pasti berubah ke wmv. dijamin bisa masuk premiere.


Editing di dalam Source Monitor


Editing di sini untuk memotong-motong klip video, karena banyak bagian yang ingin Anda potong atau tidak Anda diinginkan. Caranya :


  1. Klik dan geser Klip video nyoba-nyoba.avi ke dalam Source Monitor.
  2. Tentukan awal potongan dengan menggeser . Lalu klik In Point .
  3. Tentukan akhir potongan dengan menggeser lagi. Lalu klik Out Point.
  4. Klik dan geser ke dalam Timeline.
  5. Lakukan cara 1-4 kembali pada bagian lainnya dalam klip.


Editing di dalam Timeline


Lakukan editing ini jika masih ada bagian yang ingin kamu hilangkan. Banyak alat yang dipakai untuk mengedit di dalam Timeline. Alat yang umum digunakan pemula adalah :


  • Move Tool : untuk memilih klip.
  • Razor : untuk memotong klip.
  • Rate Stretch Tool : untuk melambatkankecepatan klip.


Menambahkan Efek


Klip video di dalam timeline dapat kamu beri efek agar tampilan video menjadi menarik. Caranya, pilih jenis efek yang ada dalam tab Effects, selanjutnya klik dan geser ke dalam klip video yang kamu inginkan. Atur efek dalam tab Effect Controls. Lihat hasilnya dalam layar Program.


Menambahkan Transisi


Transisi dipakai agar perpindahan antar 2 klip dapat lebih halus. Caranya pilih jenis transisi yang ada dalam folder Video Transitions dan geser ke dalam pertemuan 2 klip. Klik transisi yang telah kamu tambahkan dan atur transisi dalam tab Effect Controls.


Memadukan Klip Video


Kamu pengen berkreasi dengan memadukan sejumlah video ? Caranya letakkan video 1 pada track Video 1, lalu letakkan video yang ingin kamu padukan pada track video 2, tepat di atas video 1. nanti di monitor video 1 dan video 2 akan menumpuk... tapi biasanya video 1 yag kelihatan...nah biar video 2 juga keliatan atur ajah opacity video satu di effect controlnya dengan klik video 1 dua kali.. trus tinggal atur opacity-nya


Memadukan Klip Audio


masukin audio juga sama kayak masukin video. kamu juga bisa memadukan klip Audio disini. Letakkan klip audio pada track Audio 1 dan klip audio 2 pada track Audio 2. Untuk mengatur volume klip audio 2 (misal agar terdengar sayup-sayup), maka atur volumenya dalam tab Effect Controls atau garis volume pada klip audio tersebut.
#nb: Untuk menambahkan audio ke dalam panel Project, gunakan perintah File > Import.


Menyimpan Proyek


Ini yang aling penting.. jangan sampe udah capek2 ngedit eeh ga kesimpen. atau apes2nya kompi kamu eror... jadi proyek kamu masih bisa terselamatkan hohoho...cara nyimpenya dengan ngeklik>>> File > Save, atau tekan Ctrl+S pada keyboard. (gampang kan???)


Langkah Render


Salah satu hal yang penting lagi kalau ngedit itu render. Render adalah memproses edit yang telah kamu lakukan menjadi sebuah file video. Outputnya dapat Anda pilih sendiri, .avi atau .mpeg. Output AVI.
ada dua render. render pertama itu cuma buat preview hasinya tapi belum jadi kedalam bentuk fie. caranya tinggal tekan ENTER. trus tunggu sampai renderan kelar.
Render kedua yah render yang ngejadiin File. Caranya:


  • Pilih menu File > Export >Movie (Premiere Pro 2). hasilnya Avi.
  • Pilih menu File > Export >Media (Premiere Pro CS3dan CS4).Output Mpeg
  • Pilih menu File > Export >Adobe Media Encoder (Premiere Pro 2).
  • Pilih menu File > Export > Media (Premiere Pro CS3 dan CS4).


Lama waktu render normalnya sama dengan durasi yang ada dalam timeline. Tentu saja ini sangat dipengaruhi oleh spesifikasi komputer Anda. Jika render adalah 4 kali dari durasi timeline, ini juga masih dalam kisaran normal.
biasanya sih orang2 rendernya ke avi... tapi jangan kaget kalau kapasitasnya gede anget pas udah jadi... nah ngompresnya pake WMM ajah.. hohoho cuma kualitas gambarnya berkurang.


gimana mudah kan??? awalnya emang keliatan susah.. tapi kalau kamu udah nyoba dan berhasil pasti ketagihan...
kalau postinganku agak membingungkan chingu semua.... aku saranin mending beli buku tentang adobe premiere... banyak kok yang jual dan kamu bisa lebih mudah belajarya....

nih aku mau nunjukin salah satu hasil editanku... aku iseng-iseng buat ini hohoho.... kalian juga bisa bikin kayak yang aku buat... bahkan mungkin lebih bagus... so selamat mencoba teman2...
mau sharing... bisa kok... komen ajah...\ ^O^ /



credit: aichankawaii.blogspot.com
BUDAYAKAN JUJUR...REPOST WITH FULL CREDIT




29 komentar:

  1. video nya keren tu , bisa di kirimin ke alamat blog SS501 loh :D

    BalasHapus
  2. penjelasannya jelas, saya sangat terbantu

    BalasHapus
  3. ngomong di omang ni software gratis pa bayar? hehehe

    BalasHapus
  4. @All: enjoy it ^^

    @application Hp: kalau sofware aslinya sih yah bayar... tapi banyak kok yang gratisan juga... hehehe... asal dapet serial numbernya ga bakal jadi trial....

    BalasHapus
  5. hallo,, ai chan... boleh nanya dong gmn sihh blog nya bsa sebagus ini???

    BalasHapus
  6. pas banget neh,, nemu jg di sini neh,,
    thank's ya,,

    BalasHapus
  7. Copas dari blog orang ya neng?

    BalasHapus
  8. Gak tahu malu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah maaf mas/mbak anonim yang tidak berani menyebutkan nama tapi marah2 dan bicara yang agak kurang mengenakan hati....


      maaf sebelumnya... apa anda merasa saya mengcopas dari blog anda? atau seperti apa? bisa saya minta linknya...
      biar lebih jelas...

      jujur... beberapa bagian saya memang mengcopasnya dari tempat lain yang saya kira sudah banyak di copas banyak orang....kalau memang asal mula ini dari blog anda..karena anda merasa menulisnya... mohon maaf... mungkin ini ketidaksengajaan...
      tapi meski copas saya telah menambahinya sesuai dengan kemampuan dan ilmu yang saya miliki sendiri...

      lagipula...ini sudah hal biasa menemukan orang2 copas artikel ke blog mereka... beberapa artikel disini juga sering saya temukan dicopas tanpa seijin saya... tapi saya tidak sembarangan ngejudge orang seperti anda yng tidak berani menyebutkan nama..... dalam arti...ga gentle...
      bukan berati saya menyukai hal copas mengcopas... itu sma saja pencurian... saya tahu itu... cuma saya berpikir positif... selama itu efeknya baik..alias banyak yng baca dan orang suka...berarti ilmu yng saya sebarkan bermanfaat meski lewat dari blog orang lain...

      so bagaimana dengan anda?

      maaf sebelumnya...
      kalau cara ngomongku agak ga enak..
      soalnya jujur...aku agak kurang appreciate sama orang yang bisanya hanya menyalahkan tanpa melihat usaha orang lain padahal itu maksudnya baik...^__^

      thanks for read and visit my blog..

      salam hangat dari AI ^_^

      Hapus
  9. KEREEEEN.... makasih yaah.... kebantu banget...bagi bagi ilmu gapapa kok.... tugasku jadi kelar....

    @anonim: ih kasar bgt sih ngomongnya... ckkckckck

    BalasHapus
  10. bagus bgt isinya.....
    bang, ak mo ty stlh d export kan biasanya otomatis proses encoding, tp pyq kok g da proses encoding y? ak pke premiere cs4

    BalasHapus
  11. kamu exportnya ke format apa???

    BalasHapus
  12. heeee numpang lwat y n skalian q copy ilmu'a gtu :) ahihihi

    BalasHapus
  13. thx sangat membantu buat tugas saya hahaha

    BalasHapus
  14. waaaahhhhh mantap kak...
    oea boleh minta emailnya gak kak?
    saya orang madura kak
    saya pengen bwgetz pinter kyak kakak

    BalasHapus
  15. Helping banget buat tugas sy bikin film pendek,
    Makasi banyak kakak Ai :)

    BalasHapus
  16. kata I-er "Qrennnn" ,format pdf dong ,biar ga susah copasnya !!!! makacih kakak,,,,, :*

    BalasHapus
  17. ada buat downloadnya gak

    BalasHapus
  18. FFreerun.


    trnyata, itu.

    BalasHapus
  19. Terima kasih penjelasannya sangat membantu. Lagi senang edit-edit video nih

    BalasHapus
  20. gan ane pakai adobe premier pro 2.0 ane mau ngerender menjadi file MPEG2 pasa ne render udah 80%an tiba-tiba ada bacaan (sorry,a serious error has occurred that requires adobe premier pro to shut down. We will attempt to save your current project) solusinya gan ??

    BalasHapus

LISTEN MY SONG NOW.. YOU MUST LIKE IT!!!