JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR DAN FOLLOW BLOG INI YACH TEMAN-TEMAN.....^___^

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kalian Boleh Copas atau nyumut2 isi blog ini tapi untuk Artikel yang diijinkan yah itupun dengan syarat
HARUS CANTUMKAN FULL CREDITNYA!!!
jika mencuri hasil karya tulisan orang lain, bagaimana tulisanmu juga mau diapresiasi orang lain?
yuk mari kita saling mendukung satu sama lain \^o^/
Makasih udah mau mampir

baca novel dan FICTION bersambung karanganku di blog

Selasa, 09 November 2010

Riset Audiens...???

INSTRUMEN DAN ANALISIS DALAM SURVEI AUDIENS


instrumen/ alat untuk mengumpulkan data dalam survey audiens, yang paling pokok adalah kusioner. dalam kuesioner, pertanyaan2 diturunkan dari indikator variabel yang diteliti. oleh karena itu, pertanyaan2 dalam kuesioner merupakan alat untuk mengumpulkan data tentang variabel yang diteliti maka perlu dibahas dahulu masalah pengukuran variabel.

ada beberapa maca skala pengukukran (scale of measurement) variable yang lazim disebut dalam literatur yakni skala nominal, skala ordinal, skala interval, dan skala rasio.

- skala nominal : membagi variabel ke dalam jenis2 kategori dimana perbedaan antar kategori satu dan lainnya bukan merupakan perbedaan tingkatan (kuantitatif) melainkan hanyalah perbedaan jenis (kualitatif). misal: variabel pilihan program tayangan TV jenis kelamin, jenis pekerjaan audiens, dll.

-Skala Ordinal: menjabarkan variabel ke dalam suatu rentangan yang bertingkat. misal, variabel terpaan TV perusahaan diukur dari frekuensi (tingkat keseringan) terpaannya. di pertanyakan seberapa sering responden menonton TV, seberapa sering mendengarkan radio, seberapa sering menonton tayangan sinetron dsb.
frekuensi terpaan media, misalnya di taruh dlm rentangan antara sangat sering sampai sangat jarang.

-Skala Interval menjabarkan variabel ke dalam rentangan tingkatan seperti skala ordinal namun lebih dari itu, antar masing2 tingkatan jaraknya sama.
misal: variabel terpaan tayangan sinetron diukur dari jumlah episode yang di tonton rata2 per harinya, mulai dari 1 episode, 2 episode, 3 episode, dst.

- skala rasio menghimpun sifat skala interval (bertingkat, jarang antar tingkatannya sama) dan ditambah satu kriteria lagi yakni dengan titik, berangkat dari titik nol.
misal: variabel terpaan TV diukur dari jumlah waktu menonton TV (rata2 per harinya) mulai dari nol (tidak ada waktu menonton) hingga sekian jam/menit, dst.
dalam penelitian sosial, skala rasio kurang biasa dipakai, perlu segera diketahui bahwa skala pengukuran variabel menentukan pilihan alat analisisnya.

contoh judul 1:
profil penonton tayangan musical show di TV
(survey dikalangan warga perum sawojajar malang)
profil dijabarkan ke dalam pertanyaan tetang jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, penghasilan keluarga, latar belakang etnik, hobby, dsb. dan seterusnya..


contoh judul 2:
Hubungan antara terpaan tayangan iklan sabun mandi dan sikap terpaan warna kulit (studi dikalangan ibu2 kelurahan.......)
variabelnya:
x : terpaan tayangan iklan sabun mandi di kalangan ibu2 kelurahan....
y: sikap ibu2 di kelurahan..... terhadap warna kulit.


terpaan tayangan iklan diukur dari rata2 frekuensi menonton iklan itu per minggunya. sikap diukur pakai skala sikap vrsi likert. misalnya: kedua variabel berskala ordinal.



credit: DosenQhu..pak farid^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LISTEN MY SONG NOW.. YOU MUST LIKE IT!!!